1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

BPBD Banyuwangi: Pengerukan material banjir sudah 99 persen selesai

Dapur umum masih beroperasi sejalan dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat sampai tanggal 6 Juli 2018.

Pemulihan dampak banjir. ©2018 Merdeka.com Editor : Endang Saputra | Rabu, 04 Juli 2018 13:53

Merdeka.com, Banyuwangi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, menyatakan pengerukan material banjir bandang di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur hampir 99 persen selesai. Sementara pembagian bantuan masyarakat yang telah terhimpun di posko bantuan telah dibagikan 30 hingga 40 persen.

"Pertolongan darurat seperti pengangkatan endapan lumpur dan pasir yang ada di dalam rumah, di utilitas pemukiman penduduk, di gang-gang itu sudah 99 persen selesai," kata Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Banyuwangi Eka Muharam Suryadi, Rabu (4/7).

Dia mengatakan masyarakat juga telah banyak yang kembali ke rumah masing-masing dan memulihkan kehidupan sehari-hari mereka. Meskipun begitu dapur umum masih beroperasi sejalan dengan diperpanjangnya masa tanggap darurat sampai tanggal 6 Juli 2018.

Eka mengatakan pembagian bantuan dilakukan dengan memperhatikan pemerataan dan perhitungan kebutuhan sesuai kategori-kategori kondisi masyarakat.

"Bantuan berupa makanan, sandang dan papan sudah hampir selesai didistribusikan kepada warga. Antara lain kita mengklasifikasi itu, menghitung itu, kebutuhan masyarakatnya apa," kata dia.

Selain penyelesaian pembersihan endapan lumpur dan pasir, serta pembagian logistik bantuan, finishing yang tengah dilakukan meliputi proses pembersihan sumur, sanitasi lingkungan dan trauma healing. Dia optimis pemulihan dampak dari banjir yang terjadi pada Jumat (22/6) karena jembatan tertutup material longsor bukit Pendil itu akan segera selesai.

"Sudah hampir selesai, tinggal finishing, tinggal penyemprotan (bekas lumpur)," katanya.

(ES) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Banjir
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA