1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Gojek masuk ke Banyuwangi, begini permintaan Bupati Anas

Model kerja sama yang kedua adalah mengoptimalkan kehadiran Gojek di Banyuwangi untuk menggerakkan ekonomi warga.

Gojek . ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Senin, 07 Agustus 2017 10:54

Merdeka.com, Banyuwangi - Pemkab Banyuwangi mengajak perusahaan pengembang teknologi Gojek untuk berkolaborasi membantu peningkatan pelayanan publik. Untuk keperluan itu, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas telah rapat dengan manajemen Gojek.

Anas mengatakan, ada dua skema yang didorong kerja samanya. Pertama, soal peningkatan pelayanan publik. Kedua, kontribusi Gojek untuk ikut menggerakkan ekonomi warga Banyuwangi, terutama pelaku usaha kecil dan menengah.

”Soal pelayanan publik, kita cari formula bagaimana kolaborasinya. Tujuannya biar warga dimudahkan. Kita bahas beberapa opsi, seperti layanan antar dokumen kependudukan, memudahkan penanganan medis, dan sebagainya. Nanti ditajamkan tim teknis,” ujar Anas.

Menurut Anas, kolaborasi ini akan memudahkan warga mengakses pelayanan publik. Beberapa hal bisa dilayani tanpa merepotkan warga.

Model kerja sama yang kedua adalah mengoptimalkan kehadiran Gojek di Banyuwangi untuk menggerakkan ekonomi warga. Saat ini Gojek sudah beroperasi di Banyuwangi.

”Layanan berbasis online saat ini tidak bisa dihindari. Tinggal bagaimana peran pemerintah dengan hadirnya industri online ini. Saya minta beberapa hal khusus dari Gojek agar ekonomi warga dapat dampak positif," kata Anas.

Anas menyebut sejumlah fitur yang bisa dikolaborasikan untuk menggerakkan ekonomi lokal, seperti antar makanan yang berguna bagi warung kuliner khas Banyuwangi. ”Wisatawan yang mungkin lelah seharian berwisata, cukup pesan dari hotel atau homestay ke warung-warung milik warga yang jual sego tempong, rujak soto, pecel rawon dan sebagainya,” ujarnya.

Selain itu, Gojek bisa menyediakan jasa transportasi ke Gunung Ijen. Tentu spesifikasi kendaraan harus sesuai rute tanjakan. "Misalnya ada jasa ojek untuk naik Ijen, tapi motornya harus motor trail. Itu kan lebih seru bagi wisatawan. Saya minta semua mitra pengemudinya adalah warga Banyuwangi," kata Anas.

Senior Advisor Public Affairs Gojek Aziz Hasibuan menyambut baik ajakan Bupati Anas. Apa yang ditawarkan Anas sesuai visi Gojek. ”Salah satu visi kami adalah visi sosial, mengangkat ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan kemajuan teknologi,” ujarnya.

Aziz menambahkan, manajemen Gojek segera membahas detil model kolaborasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Banyuwangi. ”Teknologi memudahkan kita melakukan inovasi. Kita segera bahas ini di tim Gojek dan dinas terkait,” ujarnya.

Gojek sengaja masuk ke Banyuwangi karena dinilai memiliki potensi pasar yang besar. "Sebelum datang, kita melakukan riset pasar, baik langsung ke masyarakat maupun melalui analisis di media sosial. Banyuwangi punya potensi besar, dan Gojek ingin ikut membantu pengembangan ekonomi daerah ini, terutama untuk pelaku UKM," terang Aziz.

(FF/FF)
  1. Gojek
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA