1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Ini daftar nama kapal gratis dan berbayar tujuan Banyuwangi-Sapeken

"Sabuk Nusantara 56 dan Sabuk Nusantara 115 gratis. Tetapi sekarang ada tambahan lagi yang tidak gratis yaitu Sabuk Nusantara 98".

Kapal di Selat Bali. ©2018 Merdeka.com Editor : Endang Saputra | Kamis, 07 Juni 2018 16:19

Merdeka.com, Banyuwangi - Angkutan mudik jalur laut dari pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi ke Kepulauan Sapeken diperkirakan akan diikuti 1.200 orang. Untuk itu telah disiapkan 3 kapal perintis untuk melayani perjalanan gratis ataupun berbayar.

Angkutan mudik gratis bisa didapat dengan voucher dari Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Jawa Timur yang bisa ditukar tiket di PT Pelni.

KM Sabuk Nusantara 56 adalah kapal yang memiliki jadwal reguler trayek Tanjung Wangi–Kepulauan Sapeken-Masalembo-Surabaya yang digunakan sebagai angkutan mudik gratis. Kapal perintis yang mampu menampung lebih dari 300 orang ini memiliki jadwal berangkat dari Tanjung Wangi Minggu (3/6) kemarin dan Rabu (13/6) besok.

KM Sabuk Nusantara 27 juga merupakan kapal yang memiliki jadwal reguler trayek yang sama, namun tidak beroperasi karena docking dan reparasi. Penggantinya sebagai kapal pengangkut mudik gratis, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendatangkan KM Sabuk Nusantara 115 yang juga memiliki kapasitas lebih dari 300 penumpang.

Jadwal KM Sabuk Nusantara 115 berangkat dari Tanjung Wangi hari Jumat (8/6) dan Minggu (10/6) hanya sampai Kepulauan Sapeken. Dengan 4 keberangkatan dari 2 kapal itu, diperkirakan bisa memulangkan 1.200 pemudik ke kampung halaman di gugusan 27 pulau itu.

"Sabuk Nusantara 56 dan Sabuk Nusantara 115 gratis. Tetapi sekarang ada tambahan lagi yang tidak gratis yaitu Sabuk Nusantara 98,"kata Humas PT Pelindo III Cabang Tanjung Wangi, Mareta Mulia, Kamis (7/6).

Sementara itu untuk menyeberang ke Kepulauan Sapeken dengan KM Sabuk Nusantara 98 berbayar Rp 13.800 per orang. Tiket bisa dibeli di PT Pelni dengan jadwal keberangkatan Senin (11/6) dan Rabu (13/6) sebelum lebaran.

Sebelumnya Kepala Seksi Teknik Kepelabuhanan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelabuhan Pengumpan Regional Banyuwangi Dishub Jatim Bayu Kwartono mengatakan tiket mudik gratis ke Kepualauan Sapeken cepat habis.

"Biasanya 2 hari setelah pendaftaran dibuka, tiket mudik gratis langsung habis. Dan masih ada yang ingin (dapatkan tiket gratis),"kata dia.

Bila tidak kebagian tiket mudik gratis ke Kepulauan Sapeken, ada tiket berbayar dengan tarif Rp 13.800 per orang dengan KM Sabuk Nusantara 98.

(ES) Laporan: Ahmad Suudi
  1. Mudik Lebaran 2018
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA