1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Jelang musim kurban kambing etawa di Banyuwangi jadi primadona

Harga jual per kambing ia patok dengan kisaran Rp 2 sampai 3 juta.

Penjualan kambing etawa. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Sabtu, 03 September 2016 10:27

Merdeka.com, Banyuwangi - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah yang jatuh pada Senin, 12 September 2016, kambing etawa untuk kurban di Kabupaten Banyuwangi dicari banyak orang.

Seperti dialami Sumali, warga kelurahan Banjarsari. Menjelang lebaran haji ini, Sumali menjual puluhan kambing di Jalan Brawijaya. Ada tiga jenis kambing yang dijual, yaitu kambing boerawa, kambing peranakan etawa (PE) dan kambing etawa.

"Setiap tahun jualan di sini. Setiap hari ya nginep di sini sama keluarga sampai nanti menjelang hari raya," ujar Sumali kepada Merdeka Banyuwangi, Jumat (2/9).

Harga jual per kambing ia patok dengan kisaran Rp 2 sampai 3 juta. Harga tersebut tentu disesuaikan menurut jenis dan ukuran kambing. Menurut Sumali, dalam waktu 3 hari ia telah menjual 10 kambing. Mayoritas pembeli mengincar kambing jenis etawa karena merupakan jenis pedaging.

"Nyari kambing untuk berkurban. Ini masih nyari kambing yang cocok dengan harganya," kata salah satu pembeli, Ulfa.

Idul Adha merupakan momen Hari Raya umat Islam dengan filosofi yang mengajarkan nilai-nilai pengorbanan dari sejarah dan kisah Nabi Ibrahim serta anaknya, Ismail. Untuk itu, umat Islam disunnahkan berkurban hewan seperti sapi atau kambing.

(MT/SR)
  1. Info Kota
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA