1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Pembalap Korea Selatan kuasai etape pertama ITdBI 2016

Dong Hyun mampu melewati dua pembalap itu untuk mengklaim kemenangan perdananya tahun ini.

Dong Hyun Shin kelur sebagai juara etape pertama ITdBI 2016. ©2016 Merdeka.com Editor : Farah Fuadona | Rabu, 11 Mei 2016 17:50

Merdeka.com, Banyuwangi - Etape pertama International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) 2016 menjadi milik Dong Hyun Shin. Pembalap Korea yang tergabung dalam tim LX-IIBS Cycling Team itu memenangi adu sprint di akhir rute Waduk Sidodadi, Glenmore-Taman Blambangan tersebut.

Dalam rute sepanjang 171,4 kilometer tersebut, Dong Hyun tidak tampil agresif. Meski sejak awal lomba peloton “diganggu” dengan sejumlah pembalap yang breakaway alias melarikan diri, pembalap 26 tahun itu tidak tertarik. Dia bahkan membiarkan pembalap Selandia Baru Jason Christie (Kenya Riders Downunder) dan Ma Guangdong (Wisdom -Hengxiang Cycling Team) berada di depan hingga selisih lebih dari 2 menit.

Dua pembalap tersebut awalnya melarikan diri bersama 12 pembalap lainnya setelah lomba melintasi 30 kilometer. Namun, jumlah mereka terus berkurang hingga terbagi dalam beberapa kelompok. Hingga balapan memasuki separo etape, Christie dan Ma Guangdong tinggal berdua di posisi paling depan.

Peserta satu persatu memasuki garis finish etape pertama ITdBI 2016
© 2016 merdeka.com/Humas Pemkab Banyuwangi



Dong Hyun dan rombongan terus menjaga selisih waktu. Mereka baru benar-benar merespons sekitar 5 kilometer terakhir. Selisih waktu pun terus berkurang hingga mereka akhirnya tersusul. Puncaknya, sekitar 200 meter terakhir, Dong Hyun mampu melewati  dua pembalap itu untuk mengklaim kemenangan perdananya tahun ini dengan catatan waktu 3 jam, 58 menit, 28 detik.  

Tepat di belakangnya, Ma Guangdong membuntutinya di garis finish bersama Rully Ibnu Faroka dari Customs Cycling Club, Enseong Jung dari Geunsam Insam Cello, dan Fatahillah Abdullah dari Indonesia National Team.

Hasil tersebut membuat Dong Hyun Shin menjadi pemimpin klasemen umum (general classification). Pada etape kedua besok, 12 Mei, dia akan memimpin balapan dengan mengenakan yellow jersey.

Sementara itu, untuk persaingan di pembalap Merah Putih, Rully Ibnu Faroka unggul sementara dari rekan-rekan sesama pembalap Indonesia. Sedangkan points classification alias peraih green jersey untuk raihan poin terbanyak kembali direbut Dong Hyun.

(FF)
  1. Olahraga
  2. Tour de Banyuwangi Ijen
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA