1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

Bulan depan, Kompetisi BMX Internasional digelar di Banyuwangi

Ajang ini bisa sebagai pemanasan bagi atlet nasional sebelum mengikuti Olimpiade Rio 2016 di Brasil.

©2016 Merdeka.com Reporter : Mochammad Andriansyah | Selasa, 22 Maret 2016 17:01

Merdeka.com, Banyuwangi - Sukses menggelar Internasional Tour de Banyuwangi Ijen, Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur akan kembali me‎nggelar event sama, yaitu International BMX Competition 2016. Ajang sport tourisme ini, juga dimaksudkan bagi atlet nasional untuk mencuri poin, sebelum ikut berlaga di Olimpiade Rio 2016 di Brasil, bulan Agustus mendataang.

Kompetisi adu ketangkasan bersepada yang kali pertama akan digelar di daerah Muncar pada 2 hingga 3 April mendatang. ‎Olahraga bersepeda kelas internasional ini, juga akan diikuti delapan negara, yaitu Malaysia, Thailand, Hongkong, Singapura, Timor Leste, Jepang, dan Denmark, termasuk tuan rumah Indonesia.

Dikatakan Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemkab Banyuwangi, Wawan Yadmadi, International BMX Competition ini telah masuk kalender Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI).

"Setidaknya, nanti akan ada 350 peserta dari mancanegara yang akan beradu keandalannya dalam bersepeda. Target kami 10 negara. Selain 7 negara yang sudah pasti hadir, atlet dari Myanmar, Korea, dan Australia masih tahap konfirmasi," terang Wawan, Selasa (22/3).

Kejuaraan tersebut, lanjutnya, dibagi tiga kategori, yaitu lokal provinsi, nasional, dan internasional dengan 14 kelas. "Tiga kategori tersebut mempertandingkan kelompok challenge putra-putri, junior putra-putri, dan elit putra-putri," katanya.

Sejumlah atlet nasional BMX andalan Indonesia juga dipastikan turut berlaga. Sebut saja pebalap putri asal Malang, Elga Kharisma Novanda dan Tony Syarifudin, juga akan meramaikan Kompetisi BMX Internasional di Bumi Blambangan.

International BMX Competition 2016 ini sebagai salah satu cara agar atlet BMX Indonesia bisa menambah poinnya. Sehingga, pada 5 hingga 21 Agustus mendatang, bisa ikut berlaga di Olimpiade Musim Panas atau Olimpiade Rio 2016 di Brasil.

"Bagi pebalap dalam negeri, kejuaraan ini bisa menjadi ajang untuk menambah poin sebelum mengikuti kejuaraan internasional," jelas Wawan.

Kompetisi ini akan dilangsungkan di Sirkuit BMX Muncar. Sirkuit berstandard internasional ini baru berdiri Tahun 2015 lalu, dan pernah digunakan sebagai lintasan atlet Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V 2015.

(MH/MA)
  1. International BMX Competition
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA