1. BANYUWANGI
  2. INFO BANYUWANGI

PDIP resmi usung Bupati Anas jadi cawagub dampingi Gus Ipul di Pilgub Jatim

"Saya memilih wakilnya yang lincah. Orang bilang generasi milenial, lincah gitu lho, namanya Abdullah Azwar Anas," kata Megawati.

Gus Ipul dan Bupati Anas saat pengumuman di kantor DPP PDIP. ©2017 Merdeka.com Reporter : Mohammad Taufik | Minggu, 15 Oktober 2017 11:11

Merdeka.com, Banyuwangi - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akhirnya resmi mengusung Saifullah Yusuf-Abdullah Azwar Anas sebagai cagub dan cawagub Jawa Timur 2018. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, di Gedung DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat, Minggu (15/10).

"Dia pernah jadi ketua umum GP Anshor. Jadi ini anak yang hilang. Pernah jadi anggota DPR dari PDIP, menjabat Menteri Percepatan Daerah Tertinggal, Jadi Wakil Gubernur Jawa Timur. Saya memanggilnya Cipul. Namanya Haji Saifullah Yusuf," kata Megawati saat mengumumkan nama Gus Ipul.

Adapun untuk wakilnya, Mega lalu mengatakan, "saya memilih wakilnya yang lincah. Orang bilang generasi milenial, lincah gitu lho, namanya Abdullah Azwar Anas."

Setelah mengumumkan nama Gus Ipul-Azwar Anas sebagai cagub dan cawagubnya, Mega lantas menyilakan keduanya maju ke depan untuk diperkenalkan kepada publik. "Ini bukan lagi hijau-merah, tapi ini adalah merah-putih untuk Indonesia Raya. Ada yang nanya, lho kok ga ada kader PDIP-nya? Lho, Anas ini kan PDIP," kata Mega menegaskan.

Perlu diketahui, Gus Ipul saat ini menjabat sebagai wakil gubernur Jawa Timur. Sementara Abdullah Azwar Anas menjabat sebagai bupati Banyuwangi. Sebelum resmi diusung oleh PDIP, Gus Ipul lebih dahulu mendapat rekomendasi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Secara matematis, dukungan politik terhadap Gus Ipul ini semakin kuat. Di Jawa Timur, PKB memiliki 20 kursi di DPR Provinsi, sementara PDIP memiliki 19 kursi. Bila mesin kedua partai solid, bukan tidak mungkin pasangan Gus Ipul-Azwar Anas bakal memenangi Pilkada Jatim 2018 nanti.

"Dan kita semua tahu kan, sudah sejak lama, selama ini kita (PDIP) mengerjakan secara gotong royong. Kalau kita solid, itu setengah kemenangan bagi kita," kata Mega sambil menegaskan sudah hapal dengan situasi dan kondisi kader-kadernya di Jawa Timur.

(MT/MT)
  1. Pilgub Jatim
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA