1. BANYUWANGI
  2. SENI DAN BUDAYA

Seni dan budaya Banyuwangi akan digelar di Papua

Bupati Anas akan melihat langsung pertunjukan seni dan budaya Banyuwangi di Papua.

©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Jum'at, 19 Januari 2018 19:38

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas akan menghadiri pertunjukan seni budaya oleh persatuan Ikatan Keluarga Banyuwangi (Ikawangi) di Provinsi Papua, Sabtu (20/1) besok. Dalam kesempatan itu, Ikawangi di Papua bakal menampilkan seni budaya lokal Banyuwangi di depan Kantor Gubernur Papua.

"Kebudayaan Banyuwangi di Papua ini hebat. Beberapa bupatinya juga merespons positif Ikawangi di Papua. Dan malam ini saya akan berangkat ke sana," ujar Anas saat mengunjungi peringatan Hari Ikatan Guru Taman Kanak-kanak Indonesia (IGTKI) di Rogojampi, Banyuwangi, Jumat (19/1).

Anas mengatakan, dia sering diundang, dan berupaya hadir agar solidaritas warga Banyuwangi di Papua tetap kuat. "Ikawangi di Papua ini banyak yang sukses. Mereka jadi pengusaha, investor di sana. Saya sudah lima tahun ini tidak bisa hadir," katanya.

Anas berharap, kedatangannya bisa memperkuat silaturahmi antar warga Banyuwangi. Sekaligus bisa menjadi motivasi untuk mengenalkan potensi kebudayaan Banyuwangi di sana.

"Kebudayaan di Banyuwangi ditampilkan, dan mewarnai kebudayaan yang ada di sana, lewat tari gandrung, kuntulan dan lain-lain," jelasnya.

Ikawangi tidak hanya di Papua, namun tersebar di seluruh Indonesia dan luar negeri seperti Taiwan, Hongkong, Malaysia, Singapura yang sebagian besar bekerja di sana. Tiap tahunnya, saat momentum mudik lebaran pulang kampung, Pemkab Banyuwangi juga mengundang mereka untuk hadir ke Pendopo Sabha Swagata Blambangan untuk berbagi pengalaman.

(MH/MUA)
  1. Seni dan Budaya
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA