1. BANYUWANGI
  2. GAYA HIDUP

Anas kagum kiprah Afi Nihaya Paradisa yang gencar suarakan perdamaian

Anas mengetahui kiprah Afi di media sosial yang menyita perhatian banyak orang.

Afi Nihaya Paradisa vlog bersama dengan Bupati Anas. ©2017 Merdeka.com Reporter : Farah Fuadona | Kamis, 18 Mei 2017 13:06

Merdeka.com, Banyuwangi - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas bertemu dengan Afi Nihaya Paradisa, pelajar SMA Gambiran Banyuwangi yang tulisannya di Facebook kerap menjadi viral, Kamis (18/5). Di ruang kerjanya, Anas mengajak Afi sarapan bersama dengan menu pecel rawon.

"Saya mengajak Afi ini untuk memberi inspirasi ke anak-anak muda lainnya, bahwa kita perlu rajin membaca dan menulis. Tulisan Afi bagus, dan itu tidak mungkin dia bisa menulis kalau tidak membaca," kata Anas.

Anas mengatakan, dia mengetahui kiprah Afi di media sosial yang menyita perhatian banyak orang. “Afi ini salah satu contoh pelajar yang memanfaatkan gadget untuk hal yang positif lewat tulisan. Apa yang dilakukan oleh Afi ini bisa menjadi inspirasi bagi para pelajar lainnya,” kata Anas.

"Terkait tulisan Afi, itu memang ada perbedaan pendapat, ada yang setuju dan ada yang tidak. Itu sesuatu yang wajar, banyak kepala pasti tidak bisa seragam sependapat," ujar dia.

Pemilik nama asli Asa Firda Inayah ini lahir dan besar di Desa Yosomulyo, Gambiran, Banyuwangi. Gadis kelahiran 23 Juni 1998 ini hadir di ruangan Anas didampingi oleh ayahnya, Imam Wahyudi (47), yang merupakan pedagang kaki lima (PKL) di sekolah. "Ini inspirasi bagi kita semua. Afi ini tinggal di daerah yang cukup jauh dari kota, tapi dengan internet, dia bisa berselancar mencari pengetahuan, memperkaya wawasan," kata Anas.

Pada kesempatan itu, Bupati Anas menawarkan ke Afi untuk mengikuti beasiswa Banyuwangi Cerdas yang bekerja sama dengan beberapa universitas negeri. Beasiswa ini membiayai kuliah beserta biaya hidup selama berkuliah. “Ini merupakan apresasi dari pemerintah daerah kepada pelajarnya yang berprestasi seperti Afi,” katanya.

Tulisan Afi memang sudah dikenal publik karena sangat kritis sekaligus inspiratif. Banyak tulisannya yang sudah menjadi viral di media sosial. Tulisannya terbarunya telah disukai lebih dari 30 ribu orang dan dibagikan puluhan ribu orang. Follower-nya mencapai 270 ribu orang.

Afi bercerita, dia suka menulis sejak duduk di bangku SD. Afi mendapatkan inspirasi menulis dari pengamatan sehari-hari dan banyak membaca buku. “Saya sangat suka membaca, baik membaca lewat informasi di internet maupun dari buku-buku. Saya punya target membaca dalam satu bulan 1-3 buku,” kata Afi.

Afi mengatakan meski menyukai menulis sejak lama, tapi baru aktif menulis menggunakan Facebook mulai Maret 2016. Tiga bulan setelah menggunakan FB, tulisannya pun mulai viral disukai dan dibagikan oleh banyak netizen.

“Saat menulis saya sebenarnya tidak ada niatan supaya viral. Apa yang saya tulis hanya ingin berbagai kebaikan dengan orang lain. Tapi ternyata disukai dan dibagikan oleh banyak orang,” ujarnya.

(FF/FF)
  1. profil
  2. Pendidikan
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA