1. BANYUWANGI
  2. KULINER

Segarnya Es Degan Durian khas Banyuwangi

Minuman ini sangat cocok untuk melepas dahaga kala matahari sedang terik.

Es Degan Durian. ©2016 Merdeka.com Reporter : Suci Rachmaningtyas | Selasa, 26 April 2016 09:50

Merdeka.com, Banyuwangi - Banyaknya festival di Banyuwangi setiap tahunnya membuat wisatawan dari penjuru nusantara bahkan luar negeri berbondong-bondong mengunjungi kota seribu gandrung. Rangkaian Banyuwangi Festival (B-Fest) 2016 pun akan dihelat hingga pertengahan Desember nanti.

Salah satu yang khas dari rangkaian Banyuwangi Festival, yaitu Es Degan Durian. Minuman ini bisa menjadi pelepas dahaga saat asyik menonton gelrana festival di siang hari yang terik.

Es degan durian dijual di Warung Biru. Sesuai dengan namanya, Es Degan (kelapa muda) dicampur dengan beberapa biji buah durian segar. Sementara harga menu es degan dengan varian lainnya rata-rata dipatok Rp 7 ribu. “Yang bikin enak itu ketika air degan dicampur dengan durian. Rasanya seger karena campuran buah-buahan,” ujar salah satu pelanggan, Icha, Senin (25/4).

Tak hanya itu, menu lain yang juga menjadi favorit pengunjung adalah Es Degan buah lengkap (buah naga, semangka, melon, durian, jambu biji merah, leci). Harga es degan buah lengkap dipatok Rp 10 ribu.

Warung Biru termasuk salah satu penyaji kuliner yang cukup lama di Banyuwangi. Sejak sekitar 20 tahun yang lalu, warung tersebut telah berjualan di Jalan Piere Tendean. Ramainya pengunjung membuat pemilik warung membuka cabang di Jalan Kolonel Sutiyono.

“Per hari ada 50 (mangkok) lebih kalau untuk hari biasa. Kalau akhir minggu bisa 70 lebih,” terang Eko kepada Merdeka Banyuwangi.

(FF/SR)
  1. kuliner
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA