1. BANYUWANGI
  2. PARIWISATA

Sempat kena banjir, Wisata Songgon masih jadi primadona di Banyuwangi

Tidak semua destinasi wisata di wilayah Songgon hancur. Masih banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

©2018 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Selasa, 26 Juni 2018 16:14

Merdeka.com, Banyuwangi - Aktivitas wisata di kawasan Songgon Banyuwangi tetap berjalan meski pada Jumat 22 Juni 2018 lalu terimbas banjir. Banjir bandang yang menerjang ratusan rumah di Desa Alasmalang Kecamatan Singojuruh Banyuwangi, berasal dari hulu Sungai Badeng, Kecamatan Songgon.

Ada beberapa destinasi wisata yang rusak akibat dari banjir bandang tersebut. Antara lain, air terjun telunjuk Raung dan Air terjun Selendang wangi, ada yang rusak berat maupun terbenam lumpur dan sisa kayu serta batu.

Namun, tidak semua destinasi wisata di wilayah Songgon hancur. Masih banyak destinasi wisata yang bisa dikunjungi.

"Masih banyak destinasi wisata yang masih ada di Songgon. Tidak semua rusak. Masih banyak yang bisa dinikmati di sana," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Selasa (26/6).

Anas mencontohkan masih ada hutan pinus Songgon. Hutan pinusnya dihias cantik, yang juga menjadi arena paintball. Bahkan di kawasan tersebut juga ada lahan khusus untuk olahraga panahan.

"Untuk arung jeram memang kita stop dulu, karena debit air masih susah diprediksi. Begitu juga dengan flying fox juga kita hentikan sementara, karena melintasi sungai," jelas Anas.

Selain hutan pinus, Songgon juga memiliki wisata alam lainnya. Yakni Kampung Durian di Desa Songgon dan Villa Bejong di Desa Sumberarum. Selain itu juga masih ada air terjun Lider, Mondoleko, Green Gumuk Candi, Likin Durian Garden dan Lembah Kumitir.

"Wisatawan bisa memanjakan diri di Songgon. Tidak perlu khawatir dengan bencana. Karena memang banyak destinasi jauh dari sungai yang terdampak banjir bandang," tambahnya.

Ditambahkan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata MY Bramuda, pihaknya sudah melakukan pendataan terhadap beberapa destinasi wisata di Songgon. Total masih ada 14 destinasi wisata yang bisa dinikmati saat ini.

"Ayo datang ke Banyuwangi. Songgon merupakan gudang destinasi wisata pegunungan," tambahnya.

Berdasar data dari pengelola wisata di Songgon, masih banyak wisatawan yang menikmati wisata Songgon. Setiap hari sekitar 200 pengunjung berwisata di Songgon pasca banjir.

Songgon merupakan salah satu kecamatan di Banyuwangi terletak 30 km dari pusat kota, yang berada di kaki Gunung Raung. Banyaknya destinasi wisata di kawasan tersebut, Pemkab Banyuwangi menggelar a Week in Songgon beberapa bulan lalu.

(MH/MUA)
  1. Wisata Alam
  2. Banjir
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA