1. BANYUWANGI
  2. SENI DAN BUDAYA

Gerak jalan busana karnaval, warga Kecamatan Licin memeriahkan HUT RI

Baju yang dikenakan para peserta sebagian besar dihiasi dengan kreativitas masing-masing. Ada yang mengenakan baju adat dari bahan alam.

Gerak jalan busana karnaval. ©2016 Merdeka.com Reporter : Mohammad Ulil Albab | Kamis, 24 Agustus 2017 11:58

Merdeka.com, Banyuwangi - Semarak kemerdekaan HUT-RI ke 72, masih berlangsung di Banyuwangi. Ratusan peserta gerak jalan asal Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi saling adu kreatif. Sebelum gerak jalan dimulai, para peserta juga menunjukkan aksi teatrikal di panggung dengan beragam busana.

"Sudah dua kali dalam dua tahun ini kami menyelenggarakan gerak jalan unik. Yang kami nilai kreatif, unik dan kompak yang penting," ujar Heni Dwi Wahyuni, panitia penyelenggara lomba di sela kegiatan, Rabu (23/8).

Peserta gerak jalan busana karnaval saat menampilkan yel-yel di atas panggung
© 2017 merdeka.com/Mohammad Ulil Albab

Kegiatan ini kata Heni, diselenggarakan oleh Desa Licin, namun diikuti oleh peserta seluruh desa lain di Kecamatan Licin. "Total semua ada 42 grup. Masing-masing grup minimal 6," ujarnya.

Sebelum gerak jalan dimulai, para peserta terlebih dahulu menampilkan aksi yel-yel sesuai kreativitas. Setelah menghibur masyarakat di atas pentas, para peserta kemudian melanjutkan gerak jalan sepanjang 3 kilometer.

Baju yang dikenakan para peserta sebagian besar dihiasi dengan kreativitas masing-masing. Ada yang mengenakan baju adat dari bahan alam, hingga prajurit dengan pakaian ala kadarnya. "Mereka gak pakai biaya, baju-baju bisa pakai bahan alami," ujarnya.

(FF/MUA)
  1. Hari Kemerdekaan RI
SHARE BERITA INI:
KOMENTAR ANDA